Pengenalan C++ beserta fitur fiturnya

Oke teman teman sekalian, saya founder IPT akan memberikan materi mengenai bahasa pemograman C++, Sebelum masuk kode programnya alangkah baiknya kita mengenal terlebih dahulu apa itu pemograman C++ dan fitur fitur yang terdapat didalammya. langsung saja pembahasan materinya


1. Pengertian C++
Bahasa C++ adalah bahasa pemrograman komputer yang merupakan pengembangan dari bahasa C yang disempurnakan oleh Bjarne Stroustrup pada tahun 1980 menjadi C dengan kelas (C With Classes) dan berganti nama pada tahun 1983 menjadi C++. awalnya C++ disebut "a better C" kemudian berganti nama pada tahun 1983 menjadi C++. Symbol ++ merupakan operator C untuk operasi penaikan, muncul untuk menunjukkan bahwa bahasa baru ini merupakan versi yang lebih canggih dari C.

Bahasa C++ diciptakan untuk mendukung pemrograman berorientasi objek (Object Oriented Pragramming / OOP) yang tidak dimiliki C.  Sebenarnya reputasi C tidak diragukan lagi dalam menghasilkan program .EXE berukuran kecil, eksekusi yang cepat, fleksibilitas pemrograman dan antarmuka (interfacing) yang sederhana. namun C++ merupakan Superset dari C, dimana C++ bisa menjalankan sebagian besar (File Header / library) dari C, sedangkan C tidak bisa menjalankan / memanggil code (File Header / library) dari C++, Selain itu dengan adanya standarisasi ANSI pada C++, membuat bahasa C++ akan memiliki "bahasa" yang sama pada setiap compiler.

2. Fitur fitur yang terdapat dalam C++ yaitu :

a. Portabel
Sebagai salah satu bahasa yang paling banyak digunakan di dunia dan sebagai bahasa open, C++ mempunyai berbagai compiler yang berjalan di berbagai platform yang mendukungnya. Kode yang secara eksklusif menggunakan library standar C++ dapat berjalan pada banyak platform dengan sedikit atau tanpa adanya perubahan.


b. Memiliki library yang lengkap
Sebuah pencarian untuk "perpustakaan" di website proyek-manajemen yang terkenal seperti SourceForge akan menghasilkan lebih dari 3000 hasil untuk perpustakaan (library) C++. Sehingga dapat dikatakan C++ Memiliki dukungan perpustakaan (library) yang lengkap.

c. Bahasa ISO-Standar terbuka
Untuk sementara waktu, C++ tidak memiliki standar resmi dan dikelola oleh standar de-facto, namun sejak tahun 1998, C++ distandarisasi oleh sebuah komite dari ISO. Dimana saat itu diterbitkan standar internasional pertama untuk C++ ISO / IEC 14882:1998, Yang secara informal dikenal sebagai C++98.

d. Mendukung manifest dan dapat disimpulkan dalam pengetikan
Sampai dengan C++ standar terbaru, C++ mendukung manifest dan disimpulkan dalam pengetikan, sehingga memungkinkan fleksibilitas mempersingkat dalam pengetikan code yang diinginkan.

e. Lebih kompatibel dengan kode C
Bahasa C++, menjadi bahasa yang secara langsung membangun "off C", kompatibel dengan hampir semua kode C. C++ dapat menggunakan library C dengan sedik

f. Menawarkan banyak pilihan paradigma
Bahasa C++ menawarkan dukungan luar biasa untuk prosedural, generik, dan paradigma pemrograman berorientasi objek, Bagi kebanyakan programmer dengan menggunakan paradigma berorientasi objek maka pembuatan aplikasi lebih mudah dimaintain.

g. Bahasa yang dikompilasi
Bahasa C++ mengkompilasi langsung ke kode asli mesin, yang memungkinkan untuk menjadi salah satu bahasa tercepat di dunia jika dioptimalkan.

h. Mendukung pemeriksaan jenis statis maupun dinamis
Bahasa C++ memungkinkan konversi tipe diperiksa baik pada saat kompilasi atau run-time, juga menawarkan tingkat fleksibilitas yang lain. Meski begitu, kebanyakan pemeriksaan tipe pada C++ adalah pemeriksaan statis.

Oke sekian pembahasan materi dari saya, semoga bermanfaat. Jangan lupa visit selalu dan pantau update materi dari kami. 

Sumber : MateriDosen

Post a Comment

0 Comments