Cara mengatur size, Color & style huruf (Font)

Oke teman teman sekalian, saya founder IPT akan memberikan sebuah materi mengenai bagaimana sih kita mengatur size, color dan font dalam HTML? Oke langsung saja pada pembahasannya. Jangan lupa teman teman praktekan materinya.


Sama hal nya dengan kita bekerja pada microsoft word atau open office dan software pengetikan tulisan lainya kita bisa mengatur tulisan sesuai dengan yang kita butuhkan atau inginkan. Kita bisa mengatur ukuran, jenis, gaya tulisan dan lainnya.
Sama dengan HTML juga bisa seperti itu, hanya saja kita harus memasukkan tag yg di butuhkan, sedangkan software yg saya sebutkan tadi sudah tersedia pilihan dan button nya yang memudahkan kita.

1. Ukuran/size Font
Size=n adalah attribut yang digunakan dalam mengatur besar kecilnya suatu font dalam html. Nilai n tersebut berkisar dari 0 sampai berapa yang anda inginkan dalam mengatur sebuah html. Kali ini kita akan belajar ukuran font antara 0 sampai 5 saja ya gan gausah banyak banyak. Kalian aja nanti coba sendiri sampai berapapun dan lihat perbedaanya.
Berikut ini kode programnya :
Dari kode program diatas maka akan tampil diweb browser seperti dibawah ini
Dari tampilan diatas maka kita semua tau semakin tinggi angka yang digunakan maka semakin besar pula font yang akan ditampilkan dibrowser.

2. Jenis font
Untuk mengatur jenis font yang anda gunakan yaitu dengan menggunakan atribut face dengan sintax face=string. Nilai string berupa nama font yang akan digunakan. Font yang digunakan dalam sebuah html juga bisa lebih dari satu. Untuk mengetahui jenis nya mari kita belajar mempraktekannya. Berikut ini kode program yang digunakan untuk mengatur jenis font :

Dari kode program diatas maka akan tampil diweb browser seperti dibawah ini

Nah untuk jenis font lainnya anda bisa cari sendiri, saya hanya mencontohkan dan membuat programnyaa saja.

3. Warna Font
Untuk mengatur warna font anda menggunakan atribbut font color="#". Untuk # anda bisa menggunakan dari warna dalam bahasa inggris atau bisa menggunakan menggunakan style warna css.
Sebagai contohnya ikutin kode program seperti dibawah ini :
Dari kode program diatas maka akan tampil diweb browser seperti dibawah ini


Nah sekarang anda sudah mengetahui bagaimana cara mengatur size, memilih font face dan mengatur warna font untuk website atau blog anda. untuk materi selanjutnya tunggu saja dari kami.

Sekian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat buat teman teman sekalian, jangan lupa tetap visit blog kami dan pantau terus blog kami agar selalu mendapatlam materi baru dari kami.

Post a Comment

0 Comments