Menambahkan tag komentar pada HTML

Oke teman teman kembali lagi bersama saya founder IPT akan memberikan sebuah materi mengenai komentar pada HTML. oke teman teman langsung saja pada materi dan kode programmnya.


Adakalanya kita harus memberikan penjelasan di dalam dokumen HTML tentang bagian-bagian tertentu di dalamnya, agar memudahkan kita atau orang lain untuk memahami isi dari dokumen HTML tersebut. Terlebih lagi bila HTML yang kita tulis sudah ratusan atau bahkan ribuan baris. HTML menyediakan format untuk menulis komentar pada dokumen HTML tanpa menampilkannya di browser. <!-- Ini komentar pada HTML -->

Penulisan komentar akan dibuka pada tag <!-- dan ditutup dengan tag -->. Komentar dapat ditulis lebih dari satu baris sebelum komentar tersebut ditutup.
Semua teks yang ada didalam tag komentar akan dianggap komentar.

Contoh penulisan kode program tag komentar pada html.

Dari kode program diatas maka akan tampil di web browser seperti dibawah ini.



Gambar di atas menunjukan bahwa teks yang ada dalam komentar tidak tampil di browser, ada banyak hal yang bisa digunakan dalam pemberian komentar ini, misalnya untuk menginformasikan kepada programmer lain sebuah tipe data variabel atau proses yang berjalan seperti apa, pemberian kode sebagai apa dalam html, dan bisa untuk lainnya, karena html adalah bahasa client-side maka sebagai pengguna masih bisa melihat komentar tersebut dengan cara melihat source code nya dibrowser dengan view source code.

Sekian materi kali ini tentang menambahkan tag komentar pada HTML. Semoga bermanfaat.





Post a Comment

0 Comments